Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

  • Pengertian Perusahaan 
              Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau kelompok 
         orang atau badan lain yang kegiatannya adalah adalah melakukan produksi dan 
         distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Diantara kebutuhan  
         ekonomis manusia yaitu, sandang, pangan, papan, dan kesenangan.

  • Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan 
    • Pentingnya Letak Perusahaan
                           Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu 
                  tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan 
                  istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor 
                  pusat perusahaan.  
                        Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang 
                  saat ini bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin  
                  dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan 
                  kalah dalam bersaing, disamping waktu harus berpacu juga efisiensi di bidang
                  biaya perlu mendapat perhatian. 
                            Oleh karena itu, pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan 
                  diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan
                  lengkap.

    • Jenis Letak Perusahaan
                            Ada 4 jenis letak perusahaan :
      • Letak perusahaan yang terkait pada alam
      • Letak perusahaan berdasarkan sejarah
      • Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
      • Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
                  1. Letak perusahaan yang terkait pada alam 
                             Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi  
                    tidak dapat ditentukan oleh manusia misalkan, usaha pertanian, 
                    pertambangan.
                  2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah
                             Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah 
                    dilokasi itu. Misalkan kerajinan batik di daerah surakarta dan jogjakarta. Hal ini  
                    disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.

                  3. Letak perusahaan yang ditentukan pemerintah
                             Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan  
                    menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak 
                    merasa tergangggu karena adanya perusahaan itu.

                  4. Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
                             Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri. Disini ada beberapa
                      faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
      • Dekat dengan bahan baku
      • Dekat dengan pasar
      • Dekat dengan pemasok tenaga kerja
      • Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
      • Iklim
      • Ongkos transport
      • Besarnya suplai modal
 
    • Cara Penentuan Letak Perusahaan
                       Secara umum terdapat 2 macam cara untuk menentukan lokasi perusahaan  
                  yaitu :
      1. Cara Kualitatif
      2. Cara Kuantitatif
                   1. Cara Kualitatif
                                Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor- 
                       faktor yang dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan 
                       lokasi.

                   2. Cara Kuantitatif
                                Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan cara 
                     memberikan skor pada masing-masing kriteria.    
                           Sedangkan menurut teori Alfred Weber, dalam teorinya mengemukakan 
                     ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi perusahaan, yaitu :
      • Biaya pengangkutan
      • Biaya tenaga kerja



  •  Perusahaan dan Lembaga Sosial
    • Tujuan Pendirian Perusahaan
      • Tujuan ekonomis
                       Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
                  Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, 
                  kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
      • Tujuan sosial
                       Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-
                  faktor produksi, maupun masyarakat luas.

                  Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama 
           perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun  
           pelanggan.
 
    • Perusahaan sebagai suatu sistem
                       Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik 
                  secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan 
                  tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari 
                  berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung 
                  mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai 
                  tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun 
                  tanggung jawab sosial.
      • Kepada pemilik modal: pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
      • Kepada lembaga peneliti: membantu pendanaan.
      • Kepada pekerja: membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
      • Kepada konsumen: menyediakan barang dan jasa yang bagus.
      • Kepada pemerintah: membayar pajak.
    • Sifat sistem perusahaan
      • Kompleks
      • Sebagai suatu kesatuan / unit.
      • Sifatnya beragam.
      • Saling tergantung.
      • Dinamis
    •  Fungsi Fungsi Perusahaan
                    Ada dua fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan
                   lanc
ar, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan :
      •  Fungsi Operasi
                Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi
        dan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
         
      • Fungsi Manajemen
                Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
                    Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan 
          operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintegrasi dalam rangka  
          mencapai tujuan.
    • Ciri-ciri perusahaan
                     Ciri-ciri umumnya :
      • Operatif: adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
      • Koordinatif: diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
      • Regular: untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
      • Dinamis: lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
      • Formal: tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
      • Lokasi: perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
      • Pelayanan Bersyarat: keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
  • Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

    • Lingkungan Eksternal
                       Lingkungan eksternal perusahaan berpengaruh tidak langsung terhadap 
                  suatu kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar 
                  organisasi yang dapat berupa tekanan umum. Variabel-variabel eksternal ini 
                  terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang

                       Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
      • Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.Contoh :
        • Keadaan alam: SDA, lingkungan.
        • Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
        • Hukum
        • Perekonomian
        • Pendidikan dan kebudayaan
        • Sosial dan budaya
        • Kependudukan
        • Hubungan internasional.
      • Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
        • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
        • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
        • Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
        • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan. 

    • Lingkungan Internal
                        Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada didalam kegiatan 
                  produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh :
      • Tenaga kerja
      • Peralatan dan mesin
      • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
      • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
      • Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

  • Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
    • Pendekatan Fungsional, berdasarkan pemasaran, akuntansi dan keungan operasi, SDM,dan sisitem operasi manajemen.
    • Pendekatan Rantai Nilai, didasarkan pada serangkai kegiatan yang berurutan dari sekelompok aktifitas untuk mendesain, memproduksi, memasarkan dan mengirimkan.
    • Pendekatan Kurva Belajar, penurunan produksi karena pertambahan pengalaman kerja di gambarkan dengan grafik Learning curve / Experience Curve.
    • Pendekatan Core Competience, kompetisi ini adalah kumpulan ketrampilan dan teknologi yang terintegrasi dalam melakukan kompetisi dalam berbisnis.


 Sumber - sumber :


Pengertian Perusahaan
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Perusahaan dan Lembaga Sosial I
Perusahaan dan Lembaga Sosial II
Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan






Category: 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment