- Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau kelompok
orang atau badan lain yang kegiatannya adalah adalah melakukan produksi dan
distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Diantara kebutuhan
ekonomis manusia yaitu, sandang, pangan, papan, dan kesenangan.
- Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
- Pentingnya Letak Perusahaan
tempat
dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan
istilah
tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor
pusat
perusahaan.
Dengan
semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang
saat ini
bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin
dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan
kalah dalam bersaing, disamping waktu harus berpacu juga efisiensi di
bidang
biaya perlu mendapat perhatian.
Oleh
karena itu, pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan
diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang
kongkrit dan
lengkap.
- Jenis Letak Perusahaan
- Letak perusahaan yang terkait pada alam
- Letak perusahaan berdasarkan sejarah
- Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
- Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
1. Letak perusahaan yang terkait pada alam
2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah
Letak
perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi
tidak
dapat ditentukan oleh manusia misalkan, usaha pertanian,
pertambangan.
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah
dilokasi
itu. Misalkan kerajinan batik di daerah surakarta dan jogjakarta. Hal
ini
disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam
kraton.
3. Letak perusahaan yang ditentukan pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan
menjalankan
aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak
merasa
tergangggu karena adanya perusahaan itu.
4. Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri. Disini ada beberapa
faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
- Dekat dengan bahan baku
- Dekat dengan pasar
- Dekat dengan pemasok tenaga kerja
- Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
- Iklim
- Ongkos transport
- Besarnya suplai modal
- Cara Penentuan Letak Perusahaan
yaitu :
- Cara Kualitatif
- Cara Kuantitatif
1. Cara Kualitatif
Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor-
Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor-
faktor yang
dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan
lokasi.
2. Cara Kuantitatif
Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan cara
memberikan skor pada masing-masing kriteria.
Sedangkan menurut teori Alfred Weber, dalam teorinya mengemukakan
ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi perusahaan, yaitu :
- Biaya pengangkutan
- Biaya tenaga kerja
- Perusahaan dan Lembaga Sosial
- Tujuan Pendirian Perusahaan
- Tujuan ekonomis
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk,
kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
- Tujuan sosial
faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama
perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun
pelanggan.
- Perusahaan sebagai suatu sistem
secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan
tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari
berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung
mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai
tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun
tanggung jawab sosial.
- Kepada pemilik modal: pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
- Kepada lembaga peneliti: membantu pendanaan.
- Kepada pekerja: membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
- Kepada konsumen: menyediakan barang dan jasa yang bagus.
- Kepada pemerintah: membayar pajak.
- Sifat sistem perusahaan
- Kompleks
- Sebagai suatu kesatuan / unit.
- Sifatnya beragam.
- Saling tergantung.
- Dinamis
- Fungsi Fungsi Perusahaan
Ada dua
fungsi perusahaan apabila kedua fungsi
tersebut dijalankan dengan
lancar, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan :
lancar, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan :
- Fungsi Operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
- Fungsi
Manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan
menjalankan
operasinya dengan lancar,
terkoordinasi, terintegrasi dalam
rangka
mencapai tujuan.
- Ciri-ciri perusahaan
Ciri-ciri
umumnya :
- Operatif: adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
- Koordinatif: diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
- Regular: untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
- Dinamis: lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
- Formal: tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
- Lokasi: perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
- Pelayanan Bersyarat: keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
- Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
- Lingkungan Eksternal
suatu kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar
organisasi yang dapat berupa tekanan umum. Variabel-variabel eksternal ini
terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
- Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.Contoh :
- Keadaan alam: SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Sosial dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
- Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
- Lingkungan Internal
produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh :
- Tenaga kerja
- Peralatan dan mesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
- Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
- Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
- Pendekatan Fungsional, berdasarkan pemasaran, akuntansi dan keungan operasi, SDM,dan sisitem operasi manajemen.
- Pendekatan Rantai Nilai, didasarkan pada serangkai kegiatan yang berurutan dari sekelompok aktifitas untuk mendesain, memproduksi, memasarkan dan mengirimkan.
- Pendekatan Kurva Belajar, penurunan produksi karena pertambahan pengalaman kerja di gambarkan dengan grafik Learning curve / Experience Curve.
- Pendekatan Core Competience, kompetisi ini adalah kumpulan ketrampilan dan teknologi yang terintegrasi dalam melakukan kompetisi dalam berbisnis.
Sumber - sumber :
Pengertian Perusahaan
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Perusahaan dan Lembaga Sosial I
Perusahaan dan Lembaga Sosial II
Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan
Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
0 komentar:
Post a Comment